KUBIKEL 20 KV

Kubikel  ialah  suatu  perlengkapan  atau peralatan listrik yang berfungsi sebagai pengendali, penghubung  dan  pelindung  serta  membagi  tenaga listrik dari sumber tenaga listrik, Kubikel istilah umum yang mencangkup peralatan switching dan kombinasinya dengan peralatan kontrol, pengukuran, proteksi dan peralatan pengatur. Peralatan tersebut dirakit dan saling terkait dengan perlengkapan, selungkup dan penyangga. Sesuai IEC 298 : 1990 didespesifikasikan sebagai perlengkapan hubung bagi dan kontrol berselungkup logam rakitan pabrik untuk arus bolak-balik dengan tegangan pengenal diatas 1 kV sampai dengan dan termasuk 35 kV, untuk pasangan dalam dan pasangan luar , dan untuk frekuensi sampai 50 Hz.

Fungsi Kubikel :

1.Mengendalikan sirkuit yang dilakukan oleh saklar utama
2.Melindungi sirkuit yang dilakukan oleh fase/pelebur
3.Membagi sirkuit  dilakuan  oleh  pembagian jurusan/kelompok (busbar)

Jenis dan fungsi kubikel
Berdasaran fungsi dan nama peralatan yang terpasang kubikel dibedakan menjadi beberapaJenis yaitu:

1.Kubikelpms (pemisah)
2.Kubikellbs ( loadbreakswitch)
3.Kubikelcboutmetering (pmtcb)
4.Kubikeltp ( transformerprotection)
5.Kubikelpt ( potentialtransformer)
6.Kubikelbi (terminal outgoing)
7.Kubikel ons (pemisah)

Kubikelpms (pemisah)
Sebagai pemutus atau penghubung aliran listrik 20 kv kontak penghubung tidak Dilengkapi alat peredam busur api sehingga posisi alat kontak ( buka tutup) harus dilakukan Dalam keadaan tidak berbeda. Bisa terpasang pada sisi kabel incoming gardu distribusi Simbol diagram ons.

Kubikellbs ( loadbreakswitch)
Sebagai pemutus ataij penghubung aliran listrik 20 kvkontaik penghubung dilengkapi Peredam busur api sehingga dapat dioperasikan dalam keadaan berbeda bisa terpasang pada Kabel incoming atau outgoing gardu distribusi atau gardu hubung Pada umumnya kubikellbs dilengkapi dengan sakelar pentanahan yang didalam tabung lbs atau Terpisah diluar tabung yang bekerjanya interkoneksi degan lbs Simbol diagram lbsGambar

Kubikelcboutmetering ( pmt)
Sebagai pemutus dan penghubung arus listrik dengan cepat dalam keadaan normal Maupun gangguan kubikel ini disebut juga istilah kubikelpmt (pemutus tenaga) kubikel ini Dilengkapi degan relayperoteksicircuitbreaker (pmt, cb) kubikel ini bisa di pasang sebagai alat Pembatas pegukuran dan pengaman pada pelanggan tegangan menengah curenttransformer Yang terpasang memiliki doublesecunder satu sisi untuk mensuplai arus ke alat ukur kwh dan Satu sisi lagi untuk menggerakan relai proteksi pada saat ter jadi gangguan Simbol diagram kubikelcboutmetering.

Kubikeltp (transformerprotection)
Sebagai alat pengaman transformator distribusi, dikenal juga dengan istilah kubikelPb (pemutus beban) kubikel ini berisi lbs dan fuse pengaman trafo dengan ukijran beragam dari 25a, 32a, 43a tergantung kapasitas trafo yang akan diamankan.  

Kubikelpt (potensial transformer)
Sebagai kubikel pengukuran, didalamkubikel ini terdapat pms dan transformator Tegangan yang menurunkan tegangan dari 20.000 volt menjadi 100 volt untuk mensuplai tegangan Pada alat ukur kwh kubikel ini kadang kala disebut juga dengan istilah kubikelvt (voltageTransformer). Handlekubikelpt harus selalu dalam keadaan masuk dan tersegel Untuk pengamanan trafo tegangan terhadap gangguan hubung singkat maka dipasanglah Ude Tm Simbol diagram kubikelpt.

Bagian bagian UtamaKubikel dan Fungsinya :
1.Kompartemen
2.Rellbusbar
3.Kotak pemutus
4.Pemisah hubung tanah
5.Terminal penghubung
6.Fuseholder
7.Mekanik kubikel
8.Lampu indikator
9.Pemanas (heater)
10.Handlekubikel (tuas operasi)

rajatrafo.com – Produk & Layanan
Pengadaan, Pemasangan, Perbaikan & Maintenance Kubikel