Mekanikal Elektrikal

Pengertian mekanikal elektrikal dalam dunia kerja, konstruksi gedung seperti perkantoran, hotel, apartemen dan bagunan lain, serta pabrik, industri , konstruksi, semua membutuhkan penanganan mekanikal, elektrikal, plumbing yang baik. Untuk itu pengerjaannya harus ditangani oleh kontraktor mekanikal elektrikal yang berpengalaman.

Mekanikal Elektrikal adalah merupakan sebuah pekerjaan komplek yang sangat besar dan biasanya juga terkoneksi dengan pekerjaan plumbing. Integrasi pekerjaan ini lebih dikenal dengan MEP ( Mechanical Electrical Plumbing ).

1.Pekerjaan Mekanikal
Pekerjaan yang berhubungan dengan alat mesin besar, seperti lift dan eskalator untuk gedung besar, AC, serta pemasangan pompa air, dan instalasi penunjang.

Sistem Mekanikal
Pekerjaan yang berhubungan dengan alat mesin – mesin besar yang berhubungan dengan alat mesin besar seperti lift dan escalator.

Sistem HVAC
Adalah sebuah perkerjaan instalasi AC (Air Conditioner) pada gedung, bertujuan untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area di  gedung tersebut.

2.Pekerjaan Elektrikal
Pekerjaan ini berkaitan dengan instalasi listrik. Pekerjaan ini kadang juga dapat dilakukan oleh kontraktor PLC. Ruang lingkup pekerjaan ini  meliputi panel TM dan Transformer, panel listrik tegangan rendah, kabel daya tegangan menengah, kabel daya listrik, distribusi box, armature lampu penerangan, stop kontak, saklar, key tag, instalasi stop kontak, kabel instalasi penerangan, dan sistem penangkal petir. Pekerjaan di lingkup elektrikal terdiri dari beberapa kategori umum yaitu sebagai berikut:

a.Pekerjaan Elektrikal Arus Kuat
Pekerjaan ini berkaitan dengan instalasi listrik  yang mencakup panel distributor box, panel TM & Transformer, instalasi listrik tegangan rendah, kabel daya dan instalasi penerangan, saklar, armatur lampu penerangan, grounding elektrikal dan elektronik serta sistem penangkal petir.

b.Pekerjaan Elektronik Arus Lemah
Pekerjaan yang berkaitan dengan sistem seperti sistem tata suara, fire alarm system, sistem data, sistem telepon, sistem MATV, dan CCTV.

3.Pekerjaan Plumbing
Pekerjaan pemipaan di bangunan gedung seperti pipa ventilasi, air kotor, pipa air bersih, dan saluran air hujan. Biasanya pada pekerjaan pemipaan ini menggunakan pipa PPR, pipa PVC, dan pipa galvanis. Sedangkan air panas atau air dingin umumnya menggunakan pipa PPR.

Fire Hydrant atau Pemadam Kebakaran
Pekerjaan berkaitan dengan pemipaan air, terutama untuk pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran. Pekerjaan ini menggunakan pipa besi untuk mengalirkan air seperti pipa cmainline, droperan sprinkler, dan cabang. Pada bangunan besar, sistem pekerjaan pemadam kebakaran biasanya bekerjasama dengan pekerjaan elektrikal khususnya fire alarm seperti pemasangan modul interface atau main line sprinkler.

Ketiga Pekerjaan penting ini ( Mekanikal, Elektrikal, Plumbing ) harus dikerjakan dengan rapi, tepat waktu dan saling berkaitan. Kontraktor dan sub kontraktor memiliki jadwal / shcedule yang baik, karena semua berpacu dengan waktu.

Raja Trafo menyediakan layanan mekanikal elektrikal plumbing dengan  tenaga professional dan berpengalaman di berbagai proyek instalasi seperti mekanikal engineering, HVAC, dan fire system management.