Bagikan Informasi Ini

Plumbing Adalah

Plumbing adalah suatu keahlian dalam tehnik pemipaan dan peralatan untuk menyediakan air bersih, dengan baik sesuai standard, kualitas, kontinuitas yang memenuhi kebutuhan, kemudian memproses pembuangan air kotor dengan baik sesuai standard, kualitas pemprosesan yang sempurna agar kondisi higyene, kesehatan dan kenyamanan terpenuhi, tanpa mencemari atau merusak komponen yang lain.  Keilmuan tentang plumbing akan terus berkembang seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi.

Ada 3 sistem pengelolaan  yang dikenal sebagai sistem plumbing :

1.Saluran Air Bersih
– Pengelolaan saluran penampungan air bersih.
– Pengelolaan saluran air untuk Pemadam Kebakaran

2.Saluran Air Kotor
– Pengelolaan saluran pembuang air hujan
– Pengelolaan saluran Air Kotor WC ke Septictank

3.Saluran Udara atau Gas
Bahan yang digunakan adalah dari besi/baja dengan lapisan galvanis, plastik, pvc, porselin dan dari beton betulang. Bahan harus memenuhi syarat tidak menyerap air, mudah dibersihkan, tidak berkarat atau mudah aus. Instalasi air bersih maupun air kotor dalam bangunan kecuali instalasi air panas biasa digunakan pipa PVC.

Sistem plambing merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pembangunan suatu gedung. Perencanaan dan perancangan sistem plambing harus dilakukan bersamaan dan sesuai dengan tahapan-tahapan perencanaan dan perancangan sebuah gedung, dengan memperhatikan secara seksama hubungannya dengan bagian-bagian konstruksi gedung serta peralatan lainnya yang ada di dalam gedung tersebut (seperti pendingin udara, peralatan listrik, dan lain-lain). Hal-hal yang perlu diketahui dalam perencanaan suatu sistem plambing adalah jenis dan penggunaan bangunan, denah bangunan, dan jumlah penghuni.

Makanya di pembangunan sebuah gedung, pekerjaan Mekanikal, Elektrikal dan Plumbing akan saling terkait dan berjalan secara bersamaan untuk pekerjaan – pekerjaan awal dan pekerjaan lanjutan.

Ada 2 cara pemasangan peralatan plambing, yaitu :

1.Pemasangan Awal
Yaitu peralatan plambing dipasang bersamaan dengan berkembangnya konstruksi bangunan

2.Pemasangan Lanjutan
Yaitu pemasangan peralatan plambing dilakukan setelah konstruksi bangunan selesai, sehingga menghindari terjadinya kerusakan peralatan plambing akibat pembangunan konstruksi.

info lanjutan ada di tautan dibawah ini

Plumbing

Tagged : #

admin